DESA GAYAM KECAMATAN KENDAL

Optimalkan Dana Desa Tahun 2021 Tahap Pertama, Pemdes Gayam Bangun Rabat, TPT dan Gorong-gorong Plat

Pemerintah Desa (Pemdes) Gayam, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi saat ini sedang melaksanakan pembangunan infrastruktur desa yang dibiayai dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 Tahap pertama.

Siti Rahmah
Kepala Desa Gayam

Kepala Desa Gayam, Siti Rahmah, mengatakan saat ini pihaknya baru saja merealisasikan tiga kegiatan pembangunan infrastruktur desa. Tiga kegiatan tersebut diantaranya: Pembangunan jalan rabat beton (200 m x 3 m), tebal 10 cm, volume: 60 m3, TPT panjang 62 m, volume 27,54 m3, dan Gorong-gorong Plat (P 5 m x L 1 m Tinggi 0,8 m).

“Tiga kegiatan tersebut semuanya berada di dusun Munggur Rt.02 Rw.02 dan dibiayai dari Dana Desa (DD) 2021 tahap pertama. Sedangkan pelaksanaan pembangunan dilaksanakan oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dengan skema padat karya tunai (PKT), dimana tenaga kerjanya kita ambilkan dari warga setempat. Sebagai wujud pemberdayaan terhadap warga,” kata Siti Rahmah kepada Spektroem.

Siti Rahmah mengatakan dengan adanya program Dana Desa (DD) dari Pemerintah Pusat, pemerintah desa sangat terbantu. Sejumlah pembangunan infrastruktur di desanya sangat maju. Oleh karenanya dia sangat mendukung adanya DD ke desa.

Dijelaskan Siti Rahmah, peningkatan infrastruktur menjadi perhatian serius pemerintah desa (pemdes). Sehingga perekonomian masyarakat bisa berjalan dengan lancar dan berdampak pada kesejahteraan.

“Pembangunan infrastruktur ini sangat penting bagi berlangsungnya aktivitas masyarakat. Maka dari itu, diharapkan dengan direalisasikannya pembangunan ini bisa berdampak baik bagi perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkannya, pembangunan infrastruktur yang menggunakan Dana Desa (DD) dikerjakan langsung oleh warga setempat. Para warga itu tidak hanya melakukan pembangunan saja, tapi dasar dari mereka berangkat membangun itu termotivasi untuk dirinya dan semua masyarakat.

“Jika pembangunan untuk dirinya, mereka akan berpikir pada kualitas, kuantitas, efisiensi anggaran, optimalisasi kerja dan membangun kebersamaan,” paparnya.

“Saya berharap wabah Covid-19 yang menjadi wabah pandemi ini segera berakhir, agar segala aktifitas masyarakat dapat kembali berjalan dengan baik,” pungkasnya. (Har)

Leave a Reply

Your email address will not be published.