DESA TEMPURAN KECAMATAN PARON

Optimalkan DD 2021 Tahap II Untuk Bangun Poskesdes

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, Pemerintah Desa (Pemdes) Tempuran, Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi membangun Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) dengan memanfaatkan Dana Desa (DD) Tahun 2021.

Muhaji
Kepala Desa Tempuran

Kepala Desa Tempuran, Muhaji, mengatakan pembangunan Poskesdes ini merupakan bentuk komitmen pemdes untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga sengan sebaik-baiknya.

“Pembangunan Poskesdes ini merupakan salah satu bukti kami berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan warga. Poskesdes ini kita bangun dengan Dana Desa 2021, dengan anggaran sebesar Rp. 181.125.100,-“ tutur Muhaji saat ditemui Spektroem di kantornya, baru-baru ini.

Lebih lanjut, Muhaji katakan desanya memang menganggarkan Dana Desa untuk pembangunan Poskesdes agar pelayanan di bidang kesehatan lebih maksimal. Pembangunan Poskesdes ini, kata Muhaji, dilakukan sesuai permintaan dan usulan dari masyarakat.

“Infrastruktur kesehatan yang representative, aman dan nyaman merupakan kebutuhan masyarakat yang penting. Untuk itu, kami prioritaskan pembangunannya. Karena kesehatan masyarakat akan meningkat apabila ditunjang dengan sarana dan prasarana yang baik,” ujarnya.

Dikatakan Muhaji, keberadaan Poskesdes akan menjadi pusat kesehatan masyarakat desa. Sehingga masyarakat akan semakin mudah untuk berobat dan memeriksakan kesehatannya. Selain itu, masyarakat dari berbagai tingkatan usia mulai dari balita, anak-anak, ibu hamil dan menyusui hingga lanjut usia, perkembangan kesehatannya akan tetap terpantau.

Muhaji berharap, setelah dibangunnya Poskesdes, fungsi dan manfaatnya dapat dimaksimalkan. Dengan demikian masyarakat Desa Tempuran ke depan, tidak ada alasan lagi untuk tidak memeriksakan setiap ada gejala atau gangguan kesehatan yang dirasakan. Kesehatan adalah kenikmatan yang harus dijaga, upaya menuju kearah itu harus kita lakukan.

Lingkungan yang bersih juga dapat menjadi bagian penting dalam menunjang kesehatan. “Mari bersama-sama menjaga dan memelihara lingkungan di sekeliling kita, demi kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Karena itu merupakan tanggungjawab dan tugas kita bersama-sama,” papar Kades.

Ditambahkan Muhaji, selain membangun Poskesdes, dia menjelaskan Dana Desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat ke Desa Tempuran juga dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur, seperti jalan paving, drainase dan lainnya.

“Kami masih konsen pada pembangunan infrastruktur, walaupun bidang pemberdayaan juga tetap kami anggarkan,” pungkasnya. (Nof)

Leave a Reply

Your email address will not be published.