DESA WAKAH KECAMATAN NGRAMBE SALURKAN BLT-DD UNTUK BULAN JANUARI, FEBRUARI DAN MARET TAHUN ANGGARAN 2022

BLT-DD merupakan bantun pemerintah dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat, pemerataan dan penanggulangan wabah Covid-19. Untuk itu, bagi seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat menggunakan bantuan sebaik mungkin sehingga berdampak pada perbaikan perekonomian.

Demikian antara lain yang disampaikan Kepala Desa Wakah, Mudakir saat ditemui Spektroem mengenai penyaluran BLT-DD tahap pertama tahun 2022 bagi KPM  di Desa Wakah, Kecamatan Ngrambe bertempat di kantor desa, Senin 21 Maret 2022.

Mudakir, Kepala Desa Wakah, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi

Dijelaskan Mudakir, penentuan jumlah Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD ini telah melalui beberapa proses. Kita harus memperhatikan mana yang sudah dapat bantuan mana yang belum dapat bantuan, dan tidak boleh ada yang memperoleh dobel dengan bantuan lain.

“Proses penentuan KPM ini sudah melalui RT, RW, BPD dan perangkat desa yang telah melaksanakan musyawarah desa khusus (Musdesus). Dan saya selalu mengingatkan dalam penentuan KPM harus jeli, jangan sampai yang seharusnya layak dapat malah tidak dapat,” papar Mudakir.

Dikatakan Mudakir, bahwa Dana Desa pada tahun ini memang diprioritaskan  untuk BLT, sesuai Perpres Nomor 14 Tahun 2022, mengamanahkan pemerintah desa mengalokasikan 40 persen dari Dana Desa untuk bantuan langsung tunai  (BLT).

Ia juga menyampaikan, bahwa penyaluran BLT-DD tahap pertama ini untuk 3 (tiga) bulan yaitu dari bulan Januari sampai dengan bulan Maret tahun 2022, dimana msing-masing KPM menerima sebesar Rp. 900.000,- sedangkan jumlah KPM penerima sebanyak 116 orang.

Mudakir berharap para KPM dapat menggunakan bantuan pemerintah tersebut dengan sebaik-baiknya, agar dapat dimanfaatkan ke hal-hal yang positif demi meringankan beban ekonomi keluarga di masa pandemi Covid-19.

“Saya sampaikan kepada warga, untuk selalu waspada tetap jaga protokol kesehatan dan mengikuti vaksin, jika bepergian tetap menggunakan masker. Selain itu, harus jaga kebersihan lingkungan masing-masing,” kata Kades.

Sementara Mbah Tumi (77 tahun), salah seorang perwakilan KPM mengaku sangat senang dan terbantu dengan BLT-DD tersebut terutama di tengah pandemi Covid-19 yang belum reda. Ia berharap bantuan dapat terus berlanjut. (Nof)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.