DINAS KESEHATAN MELAKUKAN VERIFIKASI PENILAIAN LOMBA PENGUATAN PERAN DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN BIDANG KESEHATAN DI KABUPATEN NGAWI TAHUN 2022

Peringati Hari Jadi Kabupaten Ngawi yang ke-664  Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan Lomba Penguatan Peran Desa dalam Peningkatan Pembangunan Bidang Kesehatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 13 Juni sampai dengan 28 Juni 2022 dan diikuti oleh 24 Puskesmas se-Kabupaten Ngawi.

“ Kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat di seluruh wilayah desa bisa sehat, dan kegiatan preventif dan promotifnya bisa berjalan. Dinas kesehatan berharap desa betul betul bisa berperan di dalam bidang kesehatan agar semua masyarakat bisa sehat.” Terang dr.Heri Nur Fachrudin  sekretaris Dinas Kesehatan Ngawi.

Ia juga menyampaikan bahwa beberapa desa yang telah melakukan verifikasi sangat luar biasa dari lintas sector dan juga peran dari desa baik dari kepala desa, perangkat desa serta kader semua bahu membahu ingin memberikan contoh dan data selama ini. “Harapan Dinas Kesehatan tidak semata mata dari lombanya, tetapi hasilnya bisa dimanfaatkan oleh desa, sehingga masyarakat desa tetap sehat.” Kata Heri.

Peran pemerintah desa dalam melakukan tugas pokok dan fungsinya melalui
peningkatan kinerja pelayanan public merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan pembangunan Sumber Daya Manusia ( SDM ).  “ Pelayanan publik salah satunya adalah pelayanan kesehatan seperti kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi, balita dan remaja di masyarakat. Hal ini didasari bahwa pelayanan kesehatan masyarakat dihadapkan sebagai salah satu indikator kualitas kesejahteraan di Puskesmas. Sebagaimana kita ketahui bahwa Pemerintah Pusat tengah berupaya memberdayakan masyarakat di desa terkait kualitas pelayanan kesehatan melalui undang-undang kesehatan masyarakat sebagai langkah awal membangun desa yang sinergi dengan porgram- program pemerintah untuk  mewujudkan masyarakat sejahtera, adil, dan makmur,” pungkas Heri. (By )

Leave a Reply

Your email address will not be published.