DINAS PERTANIAN SOSIALISASI AUTS

Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan sosialisasi Asuransi Usaha Ternak di kelompok Tani Ngadi Luwih, desa Patalan Kecamatan Kendal. (3/9 ) “ Kegiatan ini dalam rangka pengembangan pemasaran hasil produksi Peternakan,” kata Indah Alasta dewi, S. Pt, MA MAP, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Ngawi.

Pada kegiatan tersebut disosialisasikan asuransi Usaha Ternak Sapi dan Kerbau (AUTS) dengan program subsidi premi 80%, dimana peternak cukup membayar premi Rp 40.000, dengan premi yang disubsidikan sebesar Rp 160.000, dari total premi Rp 200.000, untuk masa perlindungan 1 tahun. Menurut Indah, nilai harga sapi yang diasuransikan sebesar Rp 10 juta rupiah, dengan resiko yang dijaminkan sapi mati karena penyakit, sapi mati karena beranak, sapi mati karena kecelakaan dan sapi hilang karena pencurian.

Ia juga menjelaskan untuk AUTS ini dikhususkan sapi betina umur 1 tahun, mengingat pada usia ini sapi betina tersebut termasuk sapi produktif. “ Ini stimulan para peternak untuk lebih bersemangat , karena dengan asuransi tersebut peternak tetap dapat melanjutkan usahanya bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan Peternak aman dan Nyaman dalam melakukan usahanya, “ jelas Indah.

Demikian juga saat disinggung siapa dan sapi apa saja yang mendapatkan subsidi premi, dengan gamblang Indah menuturkan yang pertama ,peternak pembibitan atau pembiakan skala kecil yang diatur dalam Undang-Undang, kedua sapi indukan atau sapi betina umur 1 tahun dalam keadaan sehat dan yang terakhir sapi yang diasuransikan memiliki identitas yang jelas seperti kalung, kartu ternak atau foto. (wid )

Leave a Reply

Your email address will not be published.