DINAS PERTANIAN NGAWI GELAR TEKNOLOGI ALSINTAN

Bertempat di lapangan Desa Dempel Kecamatan Geneng, Dinas Pertanian bersama Gapoktan ( Gabungan Kelompok Tani ) Nglencong Sari III gelar tehnologi Alat Mesin Pertanian ( Alsintan ). Kegiatan yang merupakan pengembangan penerapan alat dan mesin pertanian dan tanaman pangan ini dihadiri Wakil Bupati Ngawi, Oni Anwar, ST beserta jajaran Forum Pimpinan Kecamatan Geneng. (10/04)

Dalam sambutannya Wakil Bupati Ngawi menegaskan , keberhasilan dalam usaha lebih menitik beratkan pada sisitem manejemen. “ Managemen yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. Petani merupakan contoh sebagian dunia usaha, maka petani harus mampu memanage dari hulu sampai hilir, baik mempersiapkan lahan, pengolahan lahan, panen hingga paska panen, dan yang tak kalah penting mengelola keuangan hasil dari panenan,” ujarnya.

Untuk penggunaan alsintan menurut Oni , yang sesuai dengan kebutuhan petani, sehingga dapat memicu keberhasilam program, seperti halnya penggunaan Traktor yang justru berpengaruh terhadap tenaga upah.

Pada kesempatan tersebut Oni juga mewanti-wanti, mengingat alat mesin pertanian ini terbilang harganya mahal, diharap para kelompok tani yang sudah mendapat bantuan Alsintan benar-benar memperhatikan dan merawat. “ Jika ada kerusakan cepat dibetulkan, jangan sampai dibiarkan, analoginya seperti penyakit kalau dibiarkan makin lama makin akut, dan sulit untuk disembuhkan,” tegasnya.

Sementara Ir Marsudi kepala Dinas Pertanian Ngawi mengatakan dengan banyaknya bantuan Pemerintah terutama alat mesin pertanian diharapkan mampu mensuport proses usaha di bidang pertanian yang muaranya pada peningkatan taraf perekonomian petani. Ia juga menjelaskan bahwa dengan adanya Alsintan akan ada influence pola fikir petani dari cara pengolahan lahan tradisisonal menuju transformasi pengolahan lahan pertanian dengan cara modern dengan menggunakan alat atau mesin pertanian. Mengingat saat ini dengan keterbatasan tenaga penggarap yang sudah mulai berkurang maka dengan adanya alsintan ini sangat membantu sekali para petani dalam mengolah lahannya. Dan selain akan lebih efisien , kualitas produksi bisa dimaksimalkan.

“Dengan adanya alsintan tidak hanya sebagai efsiensi dalam pengolahan lahan tetapi juga diharapkan bisa mencakup paska panen. Keberadaa Alsintan bias menekan atau menurunkan kehilangan hasil panen, contoh dengan mesin perontok ( thresser), selain mampu menurunkan angka kehilangan hasil juga mengurangi biaya tenaga serta mempersingkat olah hasi panen. (wid)

Leave a Reply

Your email address will not be published.