DINAS PERTANIAN OPTIMALISASI LABORATORIUM KESEHATAN HEWAN

Bertempat di aula Dinas Pertanian, Bidang Kesehatanan Hewan melakukan sosialisi tentang Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner.  Kegiatan yang dilaksanakan 2 sesi pagi dan siang ini  diikuti oleh kelompok Ternak, Petugas Penyuluh Lapangan, dan peternak peserta AUTS ( Asuransi Ternak Sapi). ( 15/9 )

Menurut drh. Tri Wahyu Yulistiani, laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesmavet ( kesehatan Masyarakat veteriner) merupakan pelaksana teknis dari Dinas Pertanian yang bertugas dalam melaksanakan kegiatan pemeriksaan laboratorium kesehatan Hewan dan Kesmavet  sebagai salah satu upaya tercapainya pembangunan peternakan di Kabupaten Ngawi.  “ Hal ini sangat penting sekali  keterkaitan Kesehatan hewan dengan Kesehatan masyarakat veteriner, contoh dalam Rumah Pemotongan hewan, dimana hewan yang akan dipotong dicek dulu secara keseluruhan apakah layak untuk dikomsumsi atau tidak,” katanya.

Dalam sosialisasi tersebut Tri Wahyu Yulistiani juga memaparkan fungsi dari laboratorium keswan adalah memeberi pelayanan masyarat yang berkaitan dengan kesehatan hewan, baik dalam pengawasan, pemantuan yang dilaksanakan secara aktif dan pasif, Kegiatan aktif dilaksanakan dengan mengadakan surveilans  dan melakukan pemantauan ke lokasi untuk melakukan pengamatan, mempelajari data dan mengambil sampel atau sepesimen. Spesimen yang memenuhi syarat baru dianalisis , hasil uji diserahkan pada masyarakat pengguna jasa. “ Sampel yang kita ambil secara keseluruhan akan kami analisis, baik kesmavetnya , daging, susu dan telur,  sampel darah , serta sampel  fesesnya. Tujuan kami lakukan kegiatan ini adalah  memberi bekal keilmuan dari para peserta, diharapkan  lahir kepedulian akan arti kesehatan hewan.  Hewan sehat masyarakat akan sehat pula,” jelasnya. Dengan motto, “ Cepat, Akurat dan Kompeten” , dan  Visi menjadi Laboratorium yang profesional dalam mewujudkan agribisnis Peternakan Kabupaten Ngawi yang mandiri,dan wajar kalau semuanya usahanya pernah menyabet Prestasi  diantaranya Juara III  Lomba optimalisasi Lab Keswan Type C sejatim tahun 2005 dan Juara I Lomba Lab Keswan  type C  tingkat propinsi pada tahun 2008.

Leave a Reply

Your email address will not be published.