HKN KE 56, DINAS KESEHATAN NGAWI KAMPANYE GERAKAN MEMAKAI MASKER

“Jangan Kendor, Ayo Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun  menjadi tagline Dinas kesehatan Ngawi untuk memperingati  Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) ke 56 tahun 2020.  Puncak peringatan HKN ke 56 ini, diadakan  upacara virtual di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi. ( 12/11 )

Upacara virtual HKN ke 56 ini dipimpin langsung Menteri kesehatan RI dihadiri Bupati Ngawi, Forkompimda dan kepala Puskesmas se kabupaten Ngawi.  Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan pemenang lomba HKN serta pembagian sembako secara simbolis.

Selain mengadakan upacara virtual, kegiatan lain yang diadakan Dinas kesehatan Ngawi adalah kampanye gerakan memakai masker yang diwujudkan dakam bentuk kegiatan pembagian masker kepada masyarakat Ngawi. Kampanye tersebut dipusatkan di perempatan Kartonyono kota Ngawi dan dihadiri Bupati Ngawi yang diwakili Antiek Budi Sulistyono, Forkompimda, dan elemen masyarakat. Dalam acara itu dilakukan komitmen bersama berupa yel yel 3 M ( memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan di air yang mengalir ). Pembagian masker dan sembako ini juga dilakukan serentak Puskesmas di Ngawi.

HKN ke 56 ini juga diwarnai dengan gerakan tepuk tangan selama 56 detik, sebagai penghargaan kepada tenaga kesehatan yang telah berjuang dan masyarakat yang telah melaksanakan protocol kesehatan untuk mencegah Covid 19.

Bupati Ngawi Budi Sulistyono dalam amanatnya yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi, Yudono mengajak masyarakat Kabupaten Ngawi melakukan upaya pencegahan Covid – 19 dengan menerapkan pola hidup sehat.  “Masyarakat harus membiasakan dengan selalu menggunakan masker, menghindari kerumunan juga mencuci tangan dengan memakai sabun di air mengalir. Tiga hal ini menjadi hal yang sangat fundamental untuk dilakukan sehari  hari agar terhindar dari Covid  19,” terangnya.

Selain tiga hal kebiasaan tersebut, Bupati Ngawi juga berpesan untuk selalu menjaga imunitas tubuh termasuk dengan berolahraga secara rutin, “Mengkonsumsi gizi seimbang, istirahat cukup, tidak merokok dan mengendalikan penyakit penyerta,” lanjutnya.

Sementara, Antiek Budi Sulistyono yang hadir dalam acara kampanye gerakan memakai masker di perempatan Kartonyono ( 7/11 ), memberikan apresiasinya untuk kegiatan ini, serta mengatakan bahwa kampanye adalah salah satu strategi sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya mentaati protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid – 19,  sehingga trend penurunan Covid – 19 di Kabupaten Ngawi bisa terus dipertahankan,” ujarnya. Ia juga berharap jika masyarakat disiplin melakukan prokes, yakin Kabupaten Ngawi bisa mencapai zona hijau, “Dengan disiplin serta kesadaran masyarakat tinggi dalam menerapkan pola hidup sehat, Insyaallah semua sehat, dan Kabupaten Ngawi bisa zona hijau,” tuturnya. (By)

Leave a Reply

Your email address will not be published.