SRAMBANG PARK RAIH SERTIFIKAT STANDAR PENGELOLAAN ALAM “CANOPY” TH 2018

Direktur Utama Operasi Perum Perhutani, Hari Priyanto didampingi Bupati Ngawi Ir Budi Sulistyono berikan penghargaan sertifikat Standar Pengelolaan Wisata Alam atau “CANOPY “ 2018 kepada tujuh pengelola wisata alam yang telah memenuhi standar nasional di lokasi wisata Srambang Park, kecamatan Jogorogo kabupaten Ngawi. Kamis ( 6/12 )

Ketujuh wisata yang terpilih memenuhi standar nasional adalah Kawah Putih, Curug Cilember, Srambang Park, Tanjung Papuma, Cikole, Guci Ashavana dan Puncak Bintang. Kepada awak media, Hari Priyanto menjelaskan, Canopy adalah suatu brand atau salah satu cara bagaimana perum perhutani mengelola wisata hutan dengan jaminan standar nasional. Tujuannya agar lokasi wisata alam yang ada dikawasan perhutani memiliki standar produk, pelayanan dan pengelolaan yang profesional dan berkualitas.

“Canopy ini menjadi satu aktifitas yang akan terus dikembangkan. Ini merupakan komitmen sejak lounching CANOPY pada 11 november 2017 untuk meningkatkan mutu produk dan layanan wisata alam dalam rangka mendukung program Pemerintah dalam peningkatan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara sekaligus mendongkrak pendapatan dan menjadikan Indonesia destinasi wisata dunia”, kata Hari Priyanto.

Sementara Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengatakan, Canopy ini merupakan kejutan luar biasa dari perhutani terhadap pengelolaan di Srambang park yang baru dibangun belum ada satu tahun dan sudah masuk dalam kategori wisata alam terbaik. “Tentunya ini akan memotivasi daerah daerah lain di kabupaten Ngawi untuk bisa meraih sertifikat yang sama. Karena hampir semua lokasi wisata disini masuk dalam kawasan perhutani. Dan kedepannya kita akan tingkatkan kerjasama dengan pihak perhutani untuk mengembangkan wisata yang lain,” ujarnya kepada awak media.

Hariyanto selaku pengelola Srambang Park seluas 11,6 ha ini mengatakan dirinya sangat senang dan sangat bersyukur atas apa yang telah diraih, namun . “Selain senang dan bersyukur, tentu saja raihan penghargaan ini sekaligus menjadi beban, karena mempertahankan lebih sulit. Saya akan tetap berupaya memberikan yang terbaik untuk Ngawi, ” ujarnya kepada Spektroem.

Sebelum acara, juga telah dilaksanakan peresmian kantor pengelola Srambang park yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Dirut Operasi Perum Perhutani. Dan usai penyerahan sertifikat Canopy, Dirut perhutani bersama Bupati beserta tamu undangan melakukan penanaman pohon dan dilanjutkan dengan pelepasan burung ke alam bebas. ( Rek )

Leave a Reply

Your email address will not be published.