AGROSOLUTION, SINERGI KEMITRAAN PENINGKATAN PRODUKSI PADI DINAS PERTANIAN NGAWI

Atensi Pemerintah Kabupaten Ngawi terhadap sector pertanian sangatlah besar, mengingat wilayah Ngawi mayoritas adalah lahan pertanian. Beberapa program hulu ke hilir terus ditingkatkan. Dinas Pertanian sebagai leading sector mampu memerankannya dengan baik. Dan salah satu program yang akan direalisasikan pada tahun 2021 adalah Agro Solution.

Amirudin, SH kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Ngawi, menuturkan program  Agro Solution, merupakan program pendampingan intensif kepada petani yang berkelanjutan, mengingat petani masih minim akan akses pasar, finansial dan akses tekhnologi. “ Salah satu jalan untuk bisa memenuhi itu semua harus menjalin kemitraan atau melibatkan rantai pasok dan didukung teknologi, dengan berbasis pada triple botton line, 3P, people, planet, profit “ ujarnya

Dalam uraiannya yang dimaksud triple booton line 3 P atau 3 basis pendekatan secara holistik agrosolution. Yang pertama, pengembangan sosial masyarakat petani dan bisnis insklusif, meningkatkan  keunggulan kompetitif melalui hubunganharmonis antara bisnisperusahaan dengan kesejahteraan sosial masyarakat pertanian yang produktif disepanjang rantai pasokan. Kedua, Planet dalam hal ini pengelolaan budi daya tanaman berkelanjutan , upaya pengelolaan tanah dan tanaman untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan memperhatikan kelestarian lingkunan hidup. Dan ke tiga adalah kebutuhan pasar, meningkatan nilai tambah hasil panen, ketersediaan infrastruktur,jaringan distribusi, dan ketersediaan of taker.

Lebih lanjut Amir menjelaskan dalam rangka mengimplementasikan program tersebut, diperlukan koordinasi dan sinergitas antara pemerintah daerah dan perusahaan bidang agro . “ Itu semua untuk membantu petani memperoleh akses terhadap pembeli hasil panen (offtaker) dan petani juga mendapat perlindungan melalui asuransi, bila terjadi gagal panen, dan dengan adanya agrosulution, mengubah sifat ketergantungan petani dengan pupuk subsidi,” tegasnya.

“ Upaya dalam program Agro solution saat ini, kami segera mensosialisasikan kepada para petani, memberikan supervisi dan bimbingan tehnis, serta akan membantu petani melakukan budidaya pertanian dengan tepat, kemudian  membantu akses permodalan baik lewat Bank maupun lembaga keuangan lainnya, juga  mendorong optimalisasi pemanfaat mekanisasi, dan digitalisasi pertanian. Berkaitan dengan Agrosulution, perusahaan  penyedia, juga membantu seperti halnya, bibit, pupuk dan pestsida,” pungkas Amir. (Wid )   

Leave a Reply

Your email address will not be published.