DESA JAMBANGAN KECAMATAN PARON

Optimalkan DD 2021 Tahap Satu Bangun TPT dan Normalisasi Jalan Lingkungan

Meski ditengah merebaknya wabah Covid-19 Pemerintah Desa (Pemdes) Jambangan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi tetap fokus menjalankan program pembangunan desa melalui Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2021.

Murdoko
Kepala Desa Jambangan

Murdoko, Kepala Desa Jambangan menyampaikan, ditengah pandemi ini selain menagani warga terdampak pandemi Covid-19 seperti penyaluran dana BLT-DD dan lainnya, Pemdes Jambangan tetap merealisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2021 sebagaimana biasa. Salah satu diantaranya pada bidang pembangnan desa yaitu pembangunan talut dan normalisasi jalan lingkungan yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021 tahap satu dengan pola swakelola dan dikerjakan dengan skema Padat Karya Tunai.

Lanjut Murdoko, pembangunan tersebut dilakukan sesuai dengan kesepakatan warga dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang jauh hari sudah dilakukan.

“Kami memprioritaskan pembangunan yang benar-benar dibutuhkan warga. Atas kesepakatan itu, kami merealisasikan anggaran DD 2021 tahap satu ini untuk talut dan normalisasi jalan lingkungan,” ungkapnya.

Pembangunan talut dan normalisasi jalan lingkungan yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap satu tahun 2021, dengan anggaran Rp. 175.527.300,- tersebut terletak di dusun Jambangan Rt.03

“Dengan dibangunnya talut dan normalisasi jalan lingkungan tersebut diharapkan bisa memperlancar dan mempermudah pengguna jalan yang dimanfaatkan oleh warga khususnya dan masyarakat yang melintas pada umumnya guna menunjang geliat perekonomian warga masyarakat,” papar Murdoko.

Pembangunan tidak dapat dipisahkan dengan pengertian pembangunan ekonomi, karena pada dasarnya baik tujuan pembangunan fisik maupun pembangunan ekonomi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Apabila infrastruktur jalan sudah bagus, pasti akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelas Murdoko.

Disinggung soal transparansi anggaran, Murdoko mengaku, penggunaan anggaran yang diterapkan untuk seluruh pembangunan selalu dimusyawarahkan dengan masyarakat terlebih dahulu.

Murdoko berharap, hasil dari pembangunan tersebut dapat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, pendidikan dan kesehatan. “Kami meminta masyarakat bisa merawat hasil dari pembangunan ini agar manfaatnya bisa bertahan lebih lama,” pungkasnya. (Har)

Leave a Reply

Your email address will not be published.