DESA UMBULREJO KECAMATAN JOGOROGO DENGAN MEREDANYA COVID-19, PEMDES UMBULREJO BANGUN JALAN PAVING BLOK DARI DD TAHUN 2022

Pemerintah Desa (Pemdes) Umbulrejo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, pada tahun 2022 ini melaksanakan pembangunan jalan paving blok yang bersumber dari Dana Desa (DD), tahap 1 tahun 2022.

Pembangunan paving si Dusun Sadaan RT01 RW02, Desa Umbulrejo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi

Parin selaku Kepala Desa Umbulrejo mengungkapkan kegiatan pembangunan jalan desa paving blok ini lebih memprioritaskan pekerjaannya lewat Padat Karya Tunai (PKT).

“Semua pekerjaan pavingisasi jalan ini Pemdes Umbulrejo melibatkan warga setempat untuk bekerja, dengan pembayaran upah harian kerja sesuai yang tercantum di Rencana Anggaran Biaya (RAB),” tutur Parin kepada Spektroem, Selasa, 5 April 2022.

Dikatakan Parin, membangun jalan ini memang telah disepakati bersama melalui musyawarah mufakat antara pemerintah desa, BPD, dan tokoh masyarakat. Pembangunan yang dilaksanakan ini mudah-mudahan dirasakan oleh masyarakat secara adil dan merata.

“Semoga dengan dipavingnya jalan ini, masyarakat lebih mudah dalam melakukan aktivitas terutama bagi yang memakai kendaraan karena masyarakat tak lagi terkendala dengan kondisi jalan yang sudah rusak dan berlubang,” ujarnya.

Pembangunan jalan paving blok tersebut direalisasikan di dusun Sadaan Rt.01 Rw.02 sepanjang 130 meter, lebar 3,6 meter, dengan anggaran sebesar Rp.111.372.300.-

Parin juga mengatakan bahwa penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2022 ini meliputi, 40 persen untuk BLT DD, 20 persen untuk ketahanan pangan, 8 untuk nggaran Covid-19, total 68 persen.

Pembamgunan Paving di Dusun Sadaan RT02 RW03 Desa Umbulrejo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi

“Sedang sisanya 32 persen untuk pembangunan fisik dan untuk membantu dua kepala rumah tangga guna membangun rumah tidak layak huni (RTLH),” terangnya.

Masih menurut Parin, dirinya berharap segala jenis pembangunan infrastruktur yang telah dibangun pemerintah desa itu dapat meningkatkan perekonomian warga.

“Saya juga berharap wabah Covid-19 yang menjadi wabah pandemi ini segera berkhir, agar segala aktivitas masyarakat dapat kembali berjalan dengan baik,” tuturnya.

Melalui Kasun Wajong, Suroso yang sekaligus sebagai TPK, masyarakat menyampaikan banyak terima kasih kepada kepala desa dan segenap jajaran perangkat yang juga bersama-sama telah mengawasi pelaksanaan pembangunan jalan paving blok hingga selesai. (Nof)

Leave a Reply

Your email address will not be published.