DORONG LITERASI, PWI NGAWI GELAR LOMBA GEGURITAN

Peringati Hari Guru Nasional Tahun 2021 ,  Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) kabupaten Ngawi bekerja sama dengan Dinas pendidikan Ngawi gelar lomba Geguritan tingkat Sekolah dasar. Kegiatan yang diselenggarakan di masa pandemic ini diikuti  379 peserta dari 256 lembaga sekolah dasar di kabupaten Ngawi.  Dan final lomba Geguritan ini dihadiri langsung Bupati Ngawi  Ony Anwar Harsono di Pendopo Wedya Graha kabupaten Ngawi. ( 25/11 )

Dalam sambutannya, Ony mengapresiasi kegiatan yang duiselenggarakan PWI Ngawi dan Dinas Pendidikan. “ Luar biasa, melihat antusias peserta di lomba Gegurutan ini, khususnya panitia yang mengelaborasi  proses kegiatan ini dengan teknologi informasi,  mengingat di masa Pandemi ini dengan banyaknya peserta  proses  pelaksanaan kegiatan bisa berjalan lancar,” katanya.

Senada ketua PWI Ngawi, Kundari Pri Susanti  menegaskan bahwa kegiatan lomba Geguritan ini merupakan momentum untuk mendorong literasi  di kabupaten Ngawi.  “ Tingkat literasi Indonesia pada penelitian di 70 negara, kita berada di peringkat 62, tentu saja hal ini memprihatinkan, dan semoga kegiatan ini bisa menjadi oase meskipun dalam bahasa jawanya, “ nguyahi segara “. Mudah mudahan kegiatan ini bermanfaat dan adik adik pelajar terus bersemangat untuk melestarikan  budaya jawa, dan lomba Geguritan ini adalah dari Ngawi untuk Indonesia.” tegasnya.

Di sela kegiatan, Mulyani S. Pd salah satu guru pendamping dari  SDN Guyung 2,kecamatan Gerih  mengatakan bahwa agenda kegiatan seperti ini bisa dijadikan agenda tahunan tetapi tidak sekedar geguritan, kalau bisa seperti macapat atau kegiatan- kegiatan lainnya.

Final lomba Geguritan ini, dari ratusan peserta, Juri memutuskan  juara 1 putri adalah Princess Cerilloven Restu Nawavil dari SDI Al Amnaniyah Puhti, juara 2 diraih Winola Kettyana dari SDN Krompol 2, dan juara 3 diraih Lintang Alun DM dari SDN Sidokerto 1. Sedangkan untuk  Juara 1 putra diraih Ardhifanto Krisna Wirayuda Wasto dari SDN Tambakromo 1, dan juara 2 diraih Hafidz Hillal  Ramadhan dari SDI Al Amnaniyah Puhti sedangkan juara 3 diraih Taufiq Hidayat dari SDN  Gerih 7. ( Wid )

Leave a Reply

Your email address will not be published.