KBM DI MASA PANDEMI MPLS DARING SDN WARUK KALONG 1

Kalender pendidikan tahun 2020 telah menetapkan tanggal 13 Juli menjadi tahun ajaran baru  2020 – 2021. Dan tiap tahun selain daftar ulang siswa lama, kebeadaan siswa baru menjadi agenda pertama sekolah melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( KBM ). Pun SDN Waruk Kalong 1 kecamatan Kwadungan  Kabupaten Ngawi,  yang rutin tiap tahun mnyelenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa yang baru masuk. Namun untuk tahun ini, kegiatan yang biasanya dilakukan dengan offline sekarang di lakukan dengan online.

Kaminem,  S. Pd
kepala SDN Waruk kalong 1

“ MPLS online ini kami lakukan karena adanya Pandemi Covid 19 yang sangat berbahaya. Karena penyebarannya melalui droplet  ( percikan ) maka untuk mengantisipasinya kami menggunakan kanal daring  ( Pembelajaran jarak jauh melalui  platform jaringan seperti internet ),” kata Kaminem,  S. Pd kepala SDN Waruk kalong 1.   

Kegiatan MPLS daring ini telah dilakukan mulai tanggal  14, 15 dan 16  Juli lalu. Dalam keterangannya, Kaminem menyampaikan secara teknis  bahwa model daring yang dilakukan pihak sekolah dengan membuat video berdurasi 8 menit yang isinya berupa pengenalan para pengajar, fasilitas sekolah, tata tertib, dan letak kelas yang kemudian disampaikan melalui groub WhatsApp yang telah dibentuk.

Disinggung terkait kendala daring, Kaminem mengatakan jika ada hal yang membuat hambatan adalah terkait sinyal, kadang  untuk mendownload  video lama karena jaringan internet lemah. Untuk Kendala lainnya Alhamdulillah tidak ada.

Kaminem juga menambahkan  bahwa anak didik kelas 1 untuk tahun pembelajaran 2020 , 2021 hanya mendapatkan 7 anak didik saja. Jika ditotal keseluruhan dari kelas 1 sampai  kelas 6 berjumlah 65 anak didik. “ Tahun kita  menurun, di Desa warukkalong sendiri sebenarnya ada 2 sekolah dasar selain SDN Waruk Kalong 1 ada SDN Waruk kalong  2 yang mungkin di sana anak didiknya kurang  lebih sama  sedikit, kalau di regroup pun kayaknya tidak mungkin, karena jarak dari SDN Waruk Kalong 1 ada SDN Waruk kalong  2 lumayan jauh  sekitar 3 Km lebih, ” tambahnya.

Senada Marsini pengampu kelas 6  menyampaikan bahwa  setiap pagi sebelum KBM daring dimulai kita selalu mengabsen anak didik kami melalui jaringan online. Sistem absennya, anak didik mengenakan seragam sekolah tetap bermasker kemudian dikirimkan ke grub,Setelah semua absensi baru kita mulai KBM. “ Semoga Pandemi ini cepat berlalu,dan KBM bisa berjalan seperti biasanya,” harapnya. ( Ed )

Leave a Reply

Your email address will not be published.