PEMBANGUNAN WISATA BERKESINAMBUNGAN

Ada beberapa cara dalam mengentas kemiskinan yang terpadu dan berkelanjutan, seperti yang tertuang  dalam visi misi kabupaten Ngawi. Salah satunya yang menyentuh dengan dunia pariwisata.

Pemandian Tawunpun tak luput dari sentuhan, dulu pemandian Tawun hanya terkenal dengan kolam renang serta bulus sebagai primadona, serta acara keduk beji sebagai salah satu agenda tahunan yang selalu menarik kunjungan wisata. Perlahan tapi pasti,kini tawun sèmakin cantik dengan view yang menawan salah satunya dengan dirombaknya tempat sampah menjadi taman bunga, bahkan sebelum masa pandemi, pasar jadul menjadi andalan baru bagi pengunjung.

Totok Sugiharto

Setapak melangkah kedepan, dengan dibangunnya sentra kuliner, yang bisa diharapkan bisa menjadi inovasi sajian kuliner.” Kita berharap di tempat ini bisa menjadi tempat berbaurnya kaum milineal, dengan sajian kuliner jaman now,” ungkap Totok Sugiharto, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Ngawi.   Ia juga menegaskan bahwa  dalam pengembangan ekonomi kreatif tidak saja dalam hal kuliner tetapi juga barang seni yang diambil dari kearifan lokal.

Senada ketua DPD IKM,UMKM Nusantara, Adi Palupi  menyampaikan bahwa   IKM dan UMKM dapat berjalan kalau semua perangkat disiapkan dulu. Kearifan lokalnya, SDM nya para pelaku ekonomi kreatif sampai kemana pasarnya.  ” Jadi jangan sekedar bermimpi dan berkreasi, tanpa membidik pangsa pasarnya,” katanya.

Adi Palupi

Dan Saat disinggung tentang pembangunan wisata kuliner, Adi sangat apresiasi sekali.  ” Harapan saya, untuk pengembangan UMKM  bisa mengangkat harkat kehidupan rakyat sekitar,  dari warga Tawun, untuk warga Tawun,” katanya.

Ia juga  berharap Tawun bisa menjadi tempat destinasi wisata yang sangat menarik, bila kemasannyapun menarik pula.  ” Untuk itu butuh sinergitas. Apapun yang menjadi program yang berkaitan dengan pengembangan IKM UMKM secara pribadi mendukung ,  karena dengan IKM UKM, akan signifikan dalam pembangunan ekonomi secara menyeluruh, satu program yang akan berpengaruh dan berkesinambungan dengan yang lainnya,” pungkasnya. ( Wid )

Leave a Reply

Your email address will not be published.