PERAN PEMERINTAH DESA CANTEL DALAM PENCEGAHAN PANDEMI COVID-19

Pandemi Covid-19  yang saat ini terjadi membuat stakeholders  wilayah berjibaku untuk menghadapi ganasnya virus Corona.  Pun Pemerintahan Desa Cantel Kecamatan Pitu bersama warganya terus berupaya menangkal Covid – 19 supaya aman. Berbagai upaya dari sosialisasi, tindakan penyemprotan disinfektan, maskerisasi, pembuatan posko dan satgas, hingga mempersiapkan jaringan pengaman sosial bagi warga yang terdampak pun telah dilakukan.

Kepala Desa Cantel,  Suparlan mengatakan bahwa  kita sudah melakukan penyemprotan disinfektan ke semua  dusun,  selain  itu  kami juga membagikan masker gratis kepada warga sekalian sosialisasi  sebagai tindakan preventif untuk mencegah virus corona.

 “Ada 2.500 masker yang kita bagikan, dan  sebagian masker kita berdayakan kepada sejumlah penjahit yang berada di lingkup desa cantel.  Kebijakan itu kita ambil untuk menambah pemasukan penjahit lokal yang kurangnya job karena wabah corona ini. Saat  membagikan masker kita juga sekaligus memberikan edukasi tentang langkah-langkah memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 ini, diantaranya cuci tangan pakai sabun (  CTPS )  dan menggunakan masker setiap aktivitas di luar rumah, serta hindari kerumunan orang.,” tegas Suparlan.

Ia juga menegaskan bahwa  pembentukan satgas yang anggotanya terdiri dari elemen desa sampai tingkat RT ini, kita fungsikan  melaporkan dan mendata setiap warga yang baru datang dari perantauan dan memberikan pengarahan setiap pendatang untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.” Di kantor Desa kita juga membuat ruang isolasi,” tegas Parlan.

Dengan terus berkordinasi gugus penanganan Covid -19 di Kabupaten Ngawi terkait protokol kesehatan dan tata cara penanganan , Pemerintahan Desa Cantel juga intens berkomunikasi dengan Pemkab Ngawi terkait jaringan pengaman sosial. ( Ed )

Leave a Reply

Your email address will not be published.