PERHUTANI NGAWI GELAR APEL SIAGA, “ANTISIPASI KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN”

Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan ( KPH ) Ngawi  gelar apel siaga  pencegahan kebakaran hutan dan lahan di pos Londan, petak 70  Resort Pemangkuan Hutan ( RPH ) Gendingan ,yang merupakan  Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan ( BKPH ) Walukukun. ( 4/7 )

Apel siaga pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini dipimpin langsung Wakil Administratur Tengah yang juga Koordinator Keamanan ( Korkam ), Mukhlisin dan diikuti managemen Perhutani KPH Ngawi berserta jajaran BKPH Walikukun,  perwakilan sub Ngawi barat, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan ( Forkompimda ) Widodaren, tokoh masyarakat, relawan yang tergabung di Tim SAR Gawan manunggal Rescue ( GMR ), serta Lembaga masyarakat  Desa Hutan ( LMDH ) wilayah kerja BKPH Walikukun.

Pada kesempatan tersebut, Mukhlisin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada segenap stakeholders yang telah bersama sama menjaga kelestarian hutan. “ Dengan sinergitas kami yakin deteksi dini kebakaran hutan di wilayah Ngawi mampu diantisipasi. Salah satu upaya kami untuk mencegah terjadinya kebakaran adalah dengan membuat atau menyiapkan  sekat sekat  kebakaran guna pengendalian meluasnya kebakaran,” tegasnya.

Senada Camat Widodaren, Maryono sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Perhutani KPH Ngawi dalam upaya pencegahan kebakaran dan kelestarian hutan.  “ Kami sangat mendukung, dan siap bersama sama menjaga hutan.  Dan mendasar Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan  Nomor P.32/Men LHK/Setjen/Kum.1/3/16 Tentang Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan secara garis besar  tindakan pengendalian Kebakaran Hutan dan lahan ( Dalkarhutla )  dapat ditingkatkan efektifitasnya dan dapat digunakan untuk memperbaiki perubahan iklim,” katanya.

Dan pada penghujung apel siaga antisipasi kebakaran hutan, Perhutani KPH Ngawi secara simbolis menyerahkan alat pemadan kebakaran kepada petugas lapangan serta pembagian suplemen sebagai rasa kepedulian di masa pandemic Covid 19 ini.  

Secara umum , dalam visinya,  Perhutani  harus mampu menjadi salah satu Perusahaan pengelolaan hutan terkemuka di dunia dan bermanfaat bagi masyarakat. Dan langkah untuk mewujudkannya dikonversikan  dalam misi yaitu Mengelola sumber daya hutan secara lestari, Peduli kepada kepentingan masyarakat dan lingkungan, mengoptimalkan bisnis kehutanan dengan prinsip Good Coroporate Governance

Luasan wilayah kerja Perhutani KPH Ngawi  seluas 45.909.70 Ha  terdiri dari hutan produksi 42.890.30, hutan lindung 19,40 Ha.( Wid )

Leave a Reply

Your email address will not be published.