REALISASI DD TAHUN 2021 DI DESA BANJARBANGGI

Upaya pemerintah Desa Banjarbanggi Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi untuk akselerasi  pembangunan terus dilakukan. Optimalisasi anggaran desa yang dikonversikan ke beberapa program telah diimpelementasikan. Salah satunya support anggaran dari pos  Dana Desa ( DD ) tahun 2021 ini telah direalisasikan pavingisasi dan Talud Penahan Tanah ( TPT ). “ Alhamdulillah, kedua program tersebut sudah 100 persen selesai , mudah mudahan pembangunan ini bisa lebih menstimulan warga untuk melakukan aktivitas kesehariannya,” kata Muhtarom, Kepala Desa  Banjarbanggi. ( 27/7 )

Muhtarom  menegaskan bahwa  untuk pelaksanaan pembangunan  mendayagunakan warga melalui padat karya.  “Pekerja proyeknya adalah warga setempat, kita galakkan setiap ada kegiatan pembangunan di desa, apalagi menggunakan anggaran desa,kita selalu melibatkan masyarakat untuk  andil dalam kegiatan pembangunan,” tegasnya.

Muhtarom,
Kepala Desa Banjarbanggi

Ia juga menjelaskan bahwa desa Banjarbanggi  memiliki lima dusun yang terdiri dari Dusun Blumbang, Pingit, Butuh, Geneng dan Ngubalan, kelimanya tak luput dari Pembangunan fisik. Dan program pembangunan baik itu fisik maupun non fisik yang direalisasikan telah sesuai dengan  mekanisme managemen desa, yang semuanya diawali dengan usulan di tingkat dusun melalui Musyawarah Dusun (Musdus) kemudian usulan itu dibawa ke tingkat Musyawarah Desa (Musdes),akhirnya terbentuk suatu kesepakatan bersama dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa ( RKPDes .

“Danselain itu, DD tak hanya dipergunakan untuk infrastruktur saja melainkan juga untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD),” pungkas Muhtarom. ( Ed ) 

Leave a Reply

Your email address will not be published.