Sosialisasi DAK Pendidikan 2018

Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi melalui kepala Bidang Pendidikan Dasar, Hadi Pranowo menginstruksikan kepala sekolah dan komite sekolah untuk melaksanakan pembangunan sesuai juklak dan juknis Dana Alokasi Khusus (DAK) secara swakelola. Hal ini dikatakannya saat sosialisasi DAK 2018 yang diselenggarakan di Notosuman, kamis (12/04).

Ia menjelaskan, kegiatan DAK fisik bidang pendidikan untuk memenuhi sarana dan prasarana pendidikan formal dan non formal dalam rangka meningkatkan akses dan mutu layanan pendidikan. “Dengan sosialisasi ini diharapkan para penerima DAK mendapat pencerahan dari narasumber yang memberikan arahan arahan, sehingga ketika pelaksanaan kegiatan tidak bingung, kita menghadirkan narasumber dari direktorat pajak, inspektorat dan juga kejaksaan Ngawi”. Ujarnya.

Lebih lanjut Hadi Pranowo mengatakan bahwa Dana DAK tahun ini diprioritaskan untuk sarana dan prasarana pendidikan seperti pembuatan ruang kelas baru, jamban baru atau rehab jamban, rehab ruang kelas dan pembelian buku. “Semoga para penerima DAK dapat memaksimalkan penyerapan dana tersebut sesuai dengan juklak dan juknis.” tambahnya.

Sementara kepala SUB Tim TP4D (Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah) Ngawi, Ferdinan Sebayang, SH. M.H mengatakan. Pihaknya siap untuk dilibatkan dalam kerjasama pengawalan pelaksanaan kegiatan. “Ibu dan Bapak kepala sekolah tidak perlu khawatir, kami siap dilibatkan kapanpun dibutuhkan. Awal tahun ini kita sudah bekerja sama dengan beberapa Dinas di ngawi. TP4D juga tidak membatasi nilai anggaran yang diterima sekolah. Yang jelas kita siap memdampingi selama disitu ada kelayakan pendampingan dan kita free tanpa biaya apapun.” Ujar ferdinan dihadapan kepala sekolah.

Dia juga mengatakan kepada kepala sekolah untuk tidak takut menghadapi oknum yang mengatasnamakan kejaksaan atau lembaga lain yang memanfaatkan keadaan untuk mengambil keuntungan dari pihak sekolah. “Selama pengelolaan anggaran benar dan sesuai dengan juknis ya ta tidak usah khawatir. Kalo ada oknum yang meresahkan maka segera informasikan ke TP4D, ” Tegas Ferdinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.